SUPPLY
CHAIN BIDANG MANUFACTURE
Perusahaan
Dell Komputer
1. Supply Chain Management dan Just In
Time
Supply Chain
Dell
Dell menerapkan sistem penjualan secara
langsung kepada pelanggan. Maka dari Itu Dell tidak memerlukan pihak pengecer
atau penghubung ke konsumen yang terkadang menekan harga terlalu tinggi. Dari
sini dell dapat mengurangi inventory dan meningkatkan return on capital. Pada
tahun 1997 Dell tidak hanya menjadi model dari Just In Time Manufacturing,
tetapi juga perusahaan yang menetapkan sendiri waktu standar untuk
perusahaan-perusahaan anggota supply chain dari alur produksi Dell. Misalnya
saja sebagian besar dari komponen hanya boleh disimpan di gudang Dell selama
rata-rata 15 menit saja. Dell mempunyai pabrik di Austin (Texas), Limerick (Ireland)
dan Penang (Malaysia) dan ketentuan tersebut berlaku untuk ke tiga pabrik
tersebut. Banyak dari komponen tersebut tidak boleh dipesan sebelum Dell
menerima pesanan dari pelanggan. Model direct selling atau direct business
model yang dikembangkan Dell tersebut, menghasilkan keuntungan-keuntungan
sebagai berikut :
a. Mengurangi inventory
b. Berarti mengurangi inventory carrying
cost
c. Mengurangi biaya penjualan
d. Menambah fleksibilitas dalam
menghadapi perkembangan pasar
e. Langsung berhubungan dengan pelanggan
sehingga mampu langsung memberikan layanan pada pelanggan
2. Value Chain Management dan Just In
Time
Dengan melakukan penjualan secara
langsung kepada konsumen, Dell dapat meminimalkan biaya dalam jalur distribusi
dari setiap produknya. Pada bagian ini akan dijelaskan fungsi dan aktivitas
pendukung yang terjadi di procurement, customer order, manufacturing dan
distribution pada Dell Computer. Dell menjual komputer langsung ke pemakai
akhir.
“Kita minta Airbone Express atau UPS
untuk mengambil 10.000 komputer di Texas sehari dan pergi ke Mexico untuk
mengambil monitor sejumlah yang sama dari pabriknya Sony. Kemudian, ketika kita
semua tidur, mereka merakit komputer dengan monitornya dan kemudian mengirimnya
ke pemesan.”
Procurement
Procurement atau pengadaan merupakan
aktivitas menyediakan bahan baku untuk proses produksi. Pada Dell berarti
pengadaan bahan-bahan yang akan dirakit dan menjadi produk jadi. Di pernyataan
dari Dell di atas dapat diketahui kalau Dell menggunakan jasa dari third-party
untuk mengantarkan bahan baku dari tempat-tempat di Amerika untuk di antar ke
pabrik Dell, lalu dirakit.
Dalam sistem JIT, Dell juga
mengembangkan E-Procurement dan aliran informasi yang terintegrasi antara Dell,
supplier, dan pelanggan. Saat pelanggan memesan sebuah produk ke Dell, maka
supplier di waktu yang sama (real time) mendapatkan informasi yang membuat
mereka mengerti seberapa banyak produk yang harus dikirim ke pabrik Dell.
Customer Order
Pesanan pelanggan pada Dell Computer
merupakan titik awal dari setiap aktivitas yang akan dilakukan pada aliran
proses produksi dan distribusi produk Dell. Seperti yang diulang-ulang pada
bagian-bagian sebelumya, Dell menganut sistem assembly-to-order atau beroperasi
ketika terdapat pesanan dari pelanggan. Di bawah ini terdapat gambar dari
interface website untuk melakukan pemesanan.
Interface Pemesanan Dell melalui Website
Konsumen sebagai titik awal dan titik
akhir proses memiliki peran untuk melakukan pesanan dan menentukan seperti apa
barang yang diingikannya. Aktivitas yang dilakukan pelanggan tentunya memesan
produk, baik via website atau telepon dan melakukan pembayaran maksimal 24 jam
setelah pemesanan.
Manufacturing
Proses manufacturing yang terjadi pada
perusahaan Dell Computer adalah perakitan dari bahan-bahan yang diproduksi oleh
pabrik-pabrik supplier. Menurut sumber yang ada, proses produksi memakan waktu
36 jam dan itu bukan karena proses perakitan yang lama, tetapi proses
pengecekan kualitas dari produk.
Distribution
Distribusi atau hantaran merupakan
aktivitas pemindahan barang (biasanya produk jadi) dari satu tempat ke tempat
lain. Kembali ke pernyataan Dell di atas, Dell menggunakan jasa dari pengiriman
barang untuk mengantarkan produk sampai ke tangan konsumen setelah dirakit oleh
pabrik Dell.
***
Pada suatu proses bisnis dikenal adanya
lead time dan supply chain time, keduanya merupakan waktu delay dari pesanan ke
penerimaan pelanggan. Dell memiliki slogan yang menggambarkan lead time yang
dapat terjadi pada proses bisnisnya, yaitu “apabila kita memiliki persediaan
untuk 11 hari, sedangkan pesaing kita memiliki untuk 80 hari maka pada saat
misalnya ada chips baru dari Intel, kita akan bisa memasarkannya 69 hari lebih
cepat”. Pada referensi lain, untuk melakukan pembelian ke Dell, pelanggan cukup
memutar saja nomor Website dan mengikuti petunjuk yang ditayangkan di layar
monitor. Pelanggan akan menerima konfirmasi pesanannya dalam waktu 5 menit
setelah memesannya dan dalam waktu 36 jam (3 hari) sesudah itu, pesanannya akan
selesai dibuat dan keluar dari production line untuk dimuat di truk pengangkut.
Sebagian besar dari waktu yang digunakan bukan untuk asembling produk tersebut,
tetapi untuk pemasangan software dan pengetesannya. Dell mengharapkan bahwa
pembayaran dapat dilakukan, dengan credit card melalui internet, dalam waktu 24
jam sesudah pemesanan dilakukan. Bandingkan misalnya dengan pesaingnya yang
besar seperti Compaq, yang harus menunggu pembayaran sampai 35 hari dari
penyalur utamanya.
Kotak dialog pemesanan pada website DELL
Dengan kata lain, primary activity atau
aktifitas utama dari perusahaan Dell dapat dianalisis sebagai berikut :
Operasi
Dell Inc telah berusaha untuk
menghasilkan produkk - produk baru sperti printer, jasa penyimpanan dll. Hal
ini dikarenakan perusahaan berdasarkan fakta tidak memiliki pengalaman di
lapangan dan menjadi sukses dengan hanya menjaga biaya rendah dan respon
pelanggan cepat di dalamnya.
“Operasi Dell telah sangat efektif dalam
hal pengelolaan tingkat persediaan mendekati nol dan membuat pemasoknya
menemukan gudang dan pabrik-pabrik mereka dekat dengan manufaktur Dell sendiri
dan unit perakitan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan telah menerapkan
manufaktur JIT” (Riley, 2008).
Selain itu, sebagai akibat dari struktur
yang efisien, perusahaan meningkatkan margin keuntungan dengan menjual komputer
secara langsung ke pengguna akhir yang juga mendorong hubungan pelanggan
perusahaan (Gray, 2007). 19% dari pendapatan US $ 32 miliar 2002 berasal dari
bisnis non PC, perusahaan harus mengadopsi rantai nilai baru berdasarkan
berbagai produk.
Logistik Inbound
Cara Dell mengelola pasokan persediaan
dan pemasok sangat populer. Namun, perusahaan masih harus melakukan investasi
lebih lanjut dalam rangka mengatur sistem handal perusahaan yang berurusan
bukan hanya sekedar mengenai komputer.
Apabila permintaan produk meningkat,
bahkan jika perusahaan tidak memproduksi sendiri (Perjanjian dengan Lexmark
untuk menghasilkan printer bermerek Dell), Dell harus memonitor semua produk
baru dan melaksanakan respon yang baik yang sama dan strategi biaya rendah
mereka.
Logistik Outbound
Selama Dell meningkatkan jumlah produk
baru, maka mereka akan memiliki permintaan yang lebih besar. Dalam meningkatnya
tingkat permintaan, perusahaan harus meningkatkan dan memperbaiki cara mendistribusikan
produk jadi kepada pelanggan seperti sebelumnya.
Perusahaan telah terkenal untuk sistem
order online yang membantu untuk melacak pesanan dari manufaktur adalah salah
satu keuntungan dari perusahaan atas pesaingnya. Oleh karena itu, distribusi
logistik harus dievaluasi dan dikaji ulang untuk bisa fit untuk tujuan
tersebut.
Penjualan dan Pemasaran
Kewajiban Dell yaitu harus membedakan
produk dari para pesaingnya. Karena itu, untuk menjaga hal ini perusahaan harus
meningkatkan kesadaran pelanggan untuk produk baru seperti printer, jasa
penyimpanan dan lain-lain.
Untuk masuk ke pasar yang sudah ada
dengan produk baru, Dell telah melakukan serangkaian promosi penjualan dan
iklan untuk membuat pelanggan menyadari produk baru, karena tidak mudah untuk
bersaing dengan raksasa lain seperti pasar IBM di pasar yang sama.
Selain itu, Dell memiliki keunggulan
kompetitif atas pesaingnya dalam penjualan online (Dell adalah perusahaan
pertama untuk membuat $ 1.000.000 penjualan online pada komputer) sehingga
perusahaan harus fokus pada promosi produk baru secara online.
Layanan
Dell sangat terkenal untuk menyediakan
layanan pelanggan yang baik sebelum dan sesudah penjualan. Perusahaan ini
memiliki hubungan baik dengan usaha kecil dan besar seperti EDS, Cox Communications,
Inc dan lain-lain.
Dell telah menawarkan layanan pasca
penjualan melalui website Dell.com Premier di mana pelanggan dapat log in dan
memilih konfigurasi yang tepat untuk sistem IT mereka. Dukungan pra dan pasca
penjualan perusahaan adalah gambaran yang sangat baik bagi perusahaan dan dapat
dimasukkan sebagai bagian dari keunggulan kompetitif perusahaan.
Selain itu, untuk menjaga dan
mempertahankan reputasi baik dari pelanggan untuk pra dan pasca penjualan,
perusahaan harus memastikan bahwa mitra baru seperti Lexmark (untuk printer)
juga harus mengadopsi pelanggan yang sama dan fokus penjualan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar